728x90 AdSpace

­

Latest News

Gudeg Pawon Jogjakarta

“GUDEG PAWON”
Merupakan salah satu usaha makanan khas dari Jogjakarta yang menjadi primadona para pecinta kuliner baik wisatawan lokal maupun manca negara. Gudeg pawon berdiri sejak tahun 1958 hingga sekarang dan dikelola oleh generasi kedua, ini merupakan usaha turun temurun yang diwariskan oleh ibu dari bapak wanto.
Banyak orang penjual gudeg juga pernah makan di tempat bapak wanto untuk mencicipi rasa dari gudeg pawon. Tak jarang juga artis-artis Indonesia juga yang sekedar mampir untuk menikmati rasa dari gudeg pawon tersebut. Gudeg pawon juga pernah di liput oleh kru trans tv.
Gudeg pawon dibuka pertama kali di pasar Sentul dan memiliki respon yang sangat baik oleh konsumenya. Mulai dari maling sampai polisi adalah follower setianya. Sehingga mereka mempunyai sebutan masing-masing, mulai dari gudeg maling, gudeg midnight, gudeg setan karena bapak wanto itu bukanya mulai dari jam 03.00 pagi.

Bapak wanto merupakan anak kedua dari tiga bersaudara yang meneruskan usaha gudeg pawon tersebut. Kenapa usahannya dinamakan gudeg pawon??? ” berawal dari ketidak sabaran para pembeli mengantri lama untuk mendapatkan gudeg tersebut, mereka memutuskan untuk langsung membeli  ditempat pembuatannya. Sejak saat itulah mulai dikenal dengan nama gudeg pawon karena keunikannya yang disajikan langsung dari dalam pawon (dapur)”. Dan penataan pawonnya tidak pernah di ubah sejak awal. Gudeg Pawon ini berada di Jl.dr.Soepomo, Janturan, Yogyakarta.
Harga dari gudeg pawon ini sangatlah terjangkau, mulai dari harga Rp 9.000-25.000. Walaupun konsumennya terus bertambah, pak wanto tidak pernah mengurangi porsi biasanya, beliau akan menaikan harga per porsinya jika bahan baku untuk membuat gudeg ini mengalami kenaikan.
Kendala yang sering dihadapi bapak Wanto adalah saat libur panjang (libur lebaran). Karena saat itu hampir semua pelajar/mahasiswa memilih untuk pulang kampung dan mengakibatkan jogja sepi.
Foto: sonofmountmalang.wordpress.com
Gudeg Pawon Jogjakarta
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Top