728x90 AdSpace

­

Latest News

Battle of Surabaya Film Animasi 2D Amikom Yogyakarta

Battle of Surabaya Film Animasi 2D Amikom Yogyakarta

"Battle of Surabaya" sangat populer dan identik dengan hasil karya AMIKOM Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer di Yogyakarta sebuah sekolah yang dulunya mempunyai tagline "sekolahnya orang berdasi" yang didirikan oleh Prof. Dr. M. Suyanto, M.M sejak tahu 1994, saat ini menjelma menjadi "sekolahnya orang berprestasi"
Sekolah Tinggi Informatika ini sebelumnya sudah beberapa kali menghasilkan penghargaan pada ajang kompetisi nasinal dan internasional. (wikipedia.org) dan yang paling banyak diketahui oleh publik adalah penghargaan sebagai juara pada kontes International Movie Trailer Festival (IMTF) tahun 2013 untuk kategori People’s Choice Award.

International Movie Trailer Festival sendiri merupakan wadah komunitas kreatif untuk pembuat film indie sedunia yang diadakan oleh IndieFilmConnect. Selain untuk mempromosikan film yang kita kepada penonton di seluruh dunia, Ajang ini juga menjadi jembatan antara pembuat film independent produser dan distributor yang bisa saja membantu agar film tersebut bisa didistribusikan baik di bioskop, online, maupun melalui perangkat mobile.
Apa film yang dibuat oleh Amikon sehingga memenagkan kontes pada IMTF? tak lain adalah "Battle of Surabaya" yaitu sebuah film 2D yang diproduksi oleh salah satu badan usaha milik Amikom yang bernama MSV Picture (PT Mataram Surya Visi)
"Battle of Surabaya" bercerita tentang petualangan seorang anak yang bernama Musa, Musa adalah remaja tukang semir sepatu yang menjadi kurir bagi pejuang-pejuang "Arek Suroboyo" dan Tentara Keamanan Rakyat (TKR), dalam pertempuran 10 November 1945. Selain berisi tokoh fiktif, nantinya film animasi ini juga akan menampilkan tokoh nyata seperti Bung Tomo.
menurut berbagai sumber Film "Battle of Surabaya" digarap oleh 60-70 Animator yang sepertiganya berasal dari STMIK Amikom dan menghabiskan dana sebesar US $ 10 juta.
Pada ajang sebelumnya film BOS telah mendapatkan penghargaan nasional diantarnya adalah:
  1. Winner INAICTA 2012 kategori film animasi oleh Kementerian Kominfo RI
  2. 1st Winner INDIGO FELLOWSHIP 2012 oleh Telkom Indonesia
  3. Nominasi terunggul kategori film animasi ajang Apresiasi Film Indonesia (AFI) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI
Rencananya Film yang pernah diulas di stasiun TV ABC Australia ini akan dirilis pada bulan April 2014 yang akan menjadi film animasi 2D pertama hasil karya asli anak Indonesia.
Semoga, film ini bisa menjadi salah satu pendobrak kalangan sineas dan anak muda Indonesia untuk terus berkarya sehingga dapat tampil di ajang Internasional dan bersaing dengan negara-negara lain.
Diolah dari berbagai sumber, sumber gambar:  liniberita.com
Battle of Surabaya Film Animasi 2D Amikom Yogyakarta
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Top